Materi Literasi Baca Tulis Tahun 2017
Pada kesempatan artikel ini Bapak dan Ibu akan menyimak sebuah artikel yang akan menginformasikan mengenai materi pendukung Literasi Baca Tulis, gerakan literasi nasional yang bersumber dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Tahun 2017. Selengkapnya mengenai Buku tersebut dalam bentuk Pdf dapat Bapak dan Ibu simak serta download pada link dibawah ini:
Untuk membangun budaya literasi pada seluruh ranah pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat), sejak tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Layaknya suatu gerakan, pelaku GLN tidak didominasi oleh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi digiatkan pula oleh para pemangku kepentingan, seperti pegiat literasi, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha, dan kementerian/ lembaga lain. Pelibatan ekosistem pendidikan sejak penyusunan konsep, kebijakan, penyediaan materi pendukung, sampai pada kampanye literasi sangat penting agar kebijakan yang dilaksanakan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. GLN diharapkan menjadi pendukung keluarga, sekolah, dan masyarakat mulai dari perkotaan sampai ke wilayah terjauh untuk berperan aktif dalam menumbuhkan budaya literasi.
Buku Peta Jalan, Panduan, Modul dan Pedoman Pelatihan Fasilitator, Pedoman Penilaian dan Evaluasi, dan Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional ini diterbitkan sebagai rujukan untuk mewujudkan ekosistem yang kaya literasi di seluruh wilayah Indonesia. Penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada tim GLN dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini tidak hanya bermanfaat bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku penggerak dan pelakunya, tetapi juga bagi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan dalam upaya membangun budaya literasi.
Untuk membangun budaya literasi pada seluruh ranah pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat), sejak tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Layaknya suatu gerakan, pelaku GLN tidak didominasi oleh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi digiatkan pula oleh para pemangku kepentingan, seperti pegiat literasi, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha, dan kementerian/ lembaga lain. Pelibatan ekosistem pendidikan sejak penyusunan konsep, kebijakan, penyediaan materi pendukung, sampai pada kampanye literasi sangat penting agar kebijakan yang dilaksanakan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. GLN diharapkan menjadi pendukung keluarga, sekolah, dan masyarakat mulai dari perkotaan sampai ke wilayah terjauh untuk berperan aktif dalam menumbuhkan budaya literasi.
Buku Peta Jalan, Panduan, Modul dan Pedoman Pelatihan Fasilitator, Pedoman Penilaian dan Evaluasi, dan Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional ini diterbitkan sebagai rujukan untuk mewujudkan ekosistem yang kaya literasi di seluruh wilayah Indonesia. Penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada tim GLN dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini tidak hanya bermanfaat bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku penggerak dan pelakunya, tetapi juga bagi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan dalam upaya membangun budaya literasi.
Buku Materi Pendukung Literasi Baca Tulis
Berikut Admin tuliskan daftar isi dari Buku literasi tersebut, silakan Bapak dan Ibu untuk menyimaknya :
Got it!
Berkas Edukasi
HOME
PERANGKAT PEMBELAJARAN
ADMINISTRASI
APLIKASI
SEKOLAH
DOWNLOAD
ARSIP
Home
About
Contact
Privacy Policy
Disclaimer
Sitemap
ARSIP BERKAS EDUKASI
Perangkat Pembelajaran
Aplikasi
Buku
Administrasi
Kurikulum 2013
KTSP
Microsoft Excel
Microsoft Word
PDF
TK
PAUD
SD
MI
SMP
MTs
SMA
MA
SMK
Arsip Berkas Edukasi 1
Arsip Berkas Edukasi 2
Download Berkas Edukasi
Arsip Dokumen
Arsip File Pendidikan
Contoh Makalah
Buku Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga Dengan Anak Usia Dini
Buku Asyik Belajar Dengan PAKEM Untuk SD-MI Dan SMP-MTs
Panduan E-Rapor SMK Versi 4.1.0 Tahun 2018
Modul Evaluasi Pendidikan Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah Dan Penguatan Kompetensi Pengawas Sekolah
Tanggal Hari Libur Nasional Dan Cuti Bersama Tahun 2019
Buku Praktik Yang Baik Pembelajaran Di SD-MI
Contoh Format Administrasi Laboratorium IPA
Buku Praktik Yang Baik Pembelajaran Di SMP-MTs
Buku Praktik Baik Pembelajaran Di MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Contoh Format Surat Pernyataan Bersedia Atau Penolakan Orang Tua Untuk Imunisasi Difteri Dan Rubella Anak Di Sekolah
Asyik Belajar Dengan PAKEM - Matematika (Untuk SD-MI Dan SMP-MTs)
Asyik Belajar Dengan PAKEM - IPS (Untuk SD-MI Dan SMP-MTs)
Buku Asyik Belajar Dengan PAKEM - IPA (Untuk SD-MI Dan SMP-MTs)
Asyik Belajar Dengan PAKEM - Bahasa Indonesia (Untuk SD-MI Dan SMP-MTs)
Belajar Dengan PAKEM Di Kelas Awal Untuk SD Dan MI
Home Buku Download Kemdikbud PDF
Buku Literasi Baca Tulis (Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional)
Diposting Oleh Sisi Edukasi Pada 11/13/2018 11:08:00 AM Dengan No Comments
Berikut ini adalah berkas Buku Literasi Baca Tulis yang merupakan salah satu Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional. Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017. Download file buku format PDF.
Buku Literasi Baca Tulis (Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional)
Buku Literasi Baca Tulis (Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional)
Buku Literasi Baca Tulis (Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional)
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Literasi Baca Tulis (Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional):
SAMBUTAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Sejarah peradaban umat manusia menunjukkan bahwa bangsa yang maju tidak dibangun hanya dengan mengandalkan kekayaan alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang banyak. Bangsa yang besar ditandai dengan masyarakatnya yang literat, yang memiliki peradaban tinggi, dan aktif memajukan masyarakat dunia. Keberliterasian dalam konteks ini bukan hanya masalah bagaimana suatu bangsa bebas dari buta aksara, melainkan juga yang lebih penting, bagaimana warga bangsa memiliki kecakapan hidup agar mampu bersaing dan bersanding dengan bangsa lain untuk menciptakan kesejahteraan dunia. Dengan kata lain, bangsa dengan budaya literasi tinggi menunjukkan kemampuan bangsa tersebut berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif, komunikatif sehingga dapat memenangi persaingan global.
Sebagai bangsa yang besar, Indonesia harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21 melalui pendidikan yang terintegrasi, mulai dari keluarga, sekolah, sampai dengan masyarakat. Penguasaan enam literasi dasar yang disepakati oleh World Economic Forum pada tahun 2015 menjadi sangat penting tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi orang tua dan seluruh warga masyarakat. Enam literasi dasar tersebut mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan.
Pintu masuk untuk mengembangkan budaya literasi bangsa adalah melalui penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak. Sebagai bagian penting dari penumbuhan budi pekerti, minat baca anak perlu dipupuk sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga. Minat baca yang tinggi, didukung dengan ketersediaan bahan bacaan yang bermutu dan terjangkau, akan mendorong pembiasaan membaca dan menulis, baik di sekolah maupun di masyarakat. Dengan kemampuan membaca ini pula literasi dasar berikutnya (numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan) dapat ditumbuhkembangkan.
Untuk membangun budaya literasi pada seluruh ranah pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat), sejak tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Layaknya suatu gerakan, pelaku GLN tidak didominasi oleh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi digiatkan pula oleh para pemangku kepentingan, seperti pegiat literasi, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha, dan kementerian/ lembaga lain. Pelibatan ekosistem pendidikan sejak penyusunan konsep, kebijakan, penyediaan materi pendukung, sampai pada kampanye literasi sangat penting agar kebijakan yang dilaksanakan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. GLN diharapkan menjadi pendukung keluarga, sekolah, dan masyarakat mulai dari perkotaan sampai ke wilayah terjauh untuk berperan aktif dalam menumbuhkan budaya literasi.
Buku Peta Jalan, Panduan, Modul dan Pedoman Pelatihan Fasilitator, Pedoman Penilaian dan Evaluasi, dan Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional ini diterbitkan sebagai rujukan untuk mewujudkan ekosistem yang kaya literasi di seluruh wilayah Indonesia. Penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada tim GLN dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini tidak hanya bermanfaat bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku penggerak dan pelakunya, tetapi juga bagi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan dalam upaya membangun budaya literasi.
Jakarta, September 2017
Muhadjir Effendy
DAFTAR ISI
SAMBUTAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BAB 1 MENYIAPKAN GENERASI INDONESIA ABAD XXI
1.1 Tantangan dan Peluang
1.2 Pentingnya Literasi Baca-Tulis
BAB 2 LITERASI BACA-TULIS SEBAGAI KECAKAPAN HIDUP
2.1 Pengertian Literasi Baca-Tulis
2.2 Prinsip Dasar Pengembangan dan Implementasi Literasi Baca-Tulis
2.3 Indikator Literasi Baca-Tulis
2.3.1 Indikator Literasi Baca-Tulis di Sekolah
2.3.2 Indikator LIterasi Baca-Tulis di Keluarga
2.3.3 Indikator Literasi Baca-Tulis di Masyarakat
BAB 3 GERAKAN LITERASI BACA-TULIS DI SEKOLAH
3.1 Sasaran Gerakan Literasi Baca-Tulis di Sekolah
3.2 Strategi Gerakan Baca-Tulis di Sekolah
3.2.1 Penguatan Kapasitas Fasilitator
3.2.2 Peningkatan Jumlah dan Ragam Sumber Belajar Bermutu
3.2.3 Perluasan Akses Terhadap Sumber Belajar Bermutu dan Cakupan Peserta Belajar
3.2.4 Peningkatan Pelibatan Publik
3.2.5 Penguatan Tata Kelola
BAB 4 GERAKAN LITERASI BACA-TULIS DI KELUARGA
4.1 Sasaran Gerakan Baca-Tulis di Keluarga
4.2 Strategi Gerakan Baca-Tulis di Keluarga
4.2.1 Penguatan Kapasitas Fasilitator
4.2.2 Peningkatan Jumlah dan Ragam Sumber Bermutu
4.2.3 Perluasan Akses terhadap Sumber Belajar Bermutu Cakupan Peserta Belajar
4.2.4 Peningkatan Pelibatan Publik
4.2.5 Penguatan Tata Kelola
BAB 5 GERAKAN LITERASI BACA-TULIS DI MASYARAKAT
5.1 Sasaran Gerakan Baca-Tulis di Masyarakat
5.2 Strategi Gerakan Baca-Tulis di Masyarakat
5.2.1 Penguatan Kapasitas Fasilitator Pelaku
5.2.2 Peningkatan Jumlah dan RagamSumber Belajar Bermutu
5.2.3 Perluasan Akses terhadap Sumber Belajar Bermutu dan Cakupan Peserta Belajar
5.2.4 Penguatan Pelibatan Publik
5.2.5 Penguatan Tata Kelola
BAB 6. PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
Itulah daftar isi dari Materi literasi tersebut yang dapat Admin tuliskan. Selengkapnya mengenai Buku tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini dalam bentuk file PDF :
Belum ada Komentar untuk "Materi Literasi Baca Tulis Tahun 2017"
Posting Komentar